Menuju Pertandingan Manchester City: Tempat Keajaiban Lahir

Manchester City Football Club adalah klub sepak bola yang berlokasi di Manchester, Inggris. Sebelumnya dikenal sebagai “St. Mark’s West Gorton” (Bahasa Inggris: St. Mark’s West Gorton) didirikan pada tahun 1880. Namanya diubah menjadi Ardwick Football Club pada tahun 1887. (Bahasa Inggris). : Klub Sepak Bola Asosiasi Ardwick), berganti nama menjadi “Manchester City” pada tahun 1894. Pada tahun yang sama, Manchester City resmi mengadopsi warna biru langit sebagai warna jersey kandangnya. Ini juga merupakan musim pertama mereka yang dikenal dengan nama Blue Moon. Saat ini bermain di Liga Utama Inggris. Stadion kandang tim adalah Stadion Etihad (juga diterjemahkan sebagai “Stadion Etihad”).

Pada tahun 1892, Manchester City bergabung dengan Liga Sepak Bola Inggris. Pada tahun 1904, Manchester City memenangkan kejuaraan besar pertama dalam sejarah tim – Piala FA Inggris. Pada musim 1936-37, Manchester City memenangkan Kejuaraan Liga Sepak Bola Inggris untuk pertama kalinya, dan kemudian memenangkan Kejuaraan Liga Sepak Bola Inggris untuk kedua kalinya pada musim 1967-68. Pada tahun 1970, ia memenangkan kejuaraan Eropa pertama – Piala Winners Eropa. Pada tahun 1980-an dan 1990-an, Manchester City hanyalah sebuah tim yang berfluktuasi antara Premier League dan English League One. Baru pada tahun 2002 Manchester City kembali dipromosikan dari League One Inggris ke Premier League dan akhirnya mendapatkan kursi di Premier League. Liga Primer. Meski begitu, Manchester City saat itu masih menjadi tim papan tengah. Pada musim 2003/04, mereka mengalami 14 pertandingan berturut-turut tanpa kemenangan dan hampir terdegradasi.

Pada 6 Juli 2007, Thaksin mengakuisisi Manchester City, salah satu tim Liga Utama Inggris, seharga 81,6 juta poundsterling dan menjadi pemilik Manchester City. Pada tahun 2008, kesengsaraan politik Thaksin menyebabkan hampir satu miliar pound asetnya dibekukan, sehingga situasi keuangan Manchester City dalam bahaya. Pada bulan September tahun yang sama, Manchester City diakuisisi oleh konsorsium dari Timur Tengah dan Uni Emirat Arab, yang menjadi titik balik kebangkitan tim. Pemilik baru berinvestasi besar-besaran dalam tim, memungkinkan Manchester City memenangkan Piala FA di musim 2010/11, menjadi kejuaraan pertama Manchester City dalam 35 tahun terakhir. Sejak itu, Manchester City mulai masuk peringkat tim papan atas. Pada musim 2011-12, Manchester City memenangkan kejuaraan Liga Utama Inggris untuk pertama kalinya dalam sejarah, dan juga kembali memenangkan kejuaraan liga teratas Inggris setelah 44 tahun. Pada musim 2013-14, Manchester City sekali lagi memenangi kejuaraan Liga Perdana dan kejuaraan Piala Liga untuk menjadi “Juara Ganda”. Pada musim 2017-18, Manchester City memenangkan kejuaraan Liga Premier untuk ketiga kalinya dengan 100 poin untuk satu-satunya kali dalam sejarah Liga Premier, dan juga memecahkan banyak rekor Liga Premier lainnya. Pada musim 2018-19, tim sukses mempertahankan gelar juara Liga Inggris dengan total 98 poin, mengalahkan Liverpool dengan selisih 1 poin, serta meraih gelar juara Liga Inggris untuk keempat kalinya Piala Liga, menjadi tim pertama dalam sejarah Inggris. Tim lokal pertama “Triple Crown”. Pada musim 2020-21, Manchester City memecahkan rekor kemenangan beruntun terlama dalam sejarah sepak bola Inggris, dan tim tersebut memenangkan kejuaraan Liga Premier untuk kelima kalinya. Pada musim 2021-22, Manchester City mencetak total 93 poin, sekali lagi mengalahkan Liverpool dengan selisih 1 poin untuk memenangkan kejuaraan Liga Premier keenam klub. Pada musim 2022-23, Manchester City memenangkan tiga gelar juara berturut-turut: Liga Utama Inggris, Piala FA Inggris, dan Liga Champions UEFA. Selain menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah tim, mereka juga menjadi juara Inggris kedua tim dalam sejarah untuk memenangkan raja Triple Crown Eropa. Pada musim 2023-24, Manchester City sekali lagi mempertahankan kejuaraan Liga Premier dan meraih empat gelar juara berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca Selengkapnya:  Barcelona VS Manchester City: Pertarungan sengit antar raksasa


Stadion Kota Manchester adalah sebuah stadion yang terletak di Manchester, Inggris. Pada bulan Juli 2011, sponsor Etihad Airways menamai Stadion Etihad (juga diterjemahkan sebagai “Stadion Etihad”). Awalnya dirancang untuk digunakan pada Olimpiade Musim Panas 2000, namun Manchester kalah dalam tawaran. Itu kemudian digunakan sebagai tempat olahraga untuk Commonwealth Games 2002 dengan biaya £110 juta. Belakangan digunakan untuk olahraga sepak bola. Manchester City pindah ke stadion ini dari Maine Road pada tahun 2003 dan menandatangani kontrak sewa selama 250 tahun.
Setelah Manchester City dan Tottenham bergabung untuk memperluas empat klub besar Liga Premier menjadi enam klub besar, lawan utama Manchester City adalah lima raksasa lainnya secara internal, dan tim kuat dari negara-negara Eropa secara eksternal Manchester United, disusul Liverpool, rival gelar liga dalam beberapa tahun terakhir.

Derby Manchester adalah derby kota antara Manchester City dan Manchester United. Seperti pada derby lainnya, tak jarang suporter kedua tim saling menertawakan. Suporter Manchester United kerap mengolok-olok Manchester City karena sudah lama tidak meraih trofi mayor (kemarau trofi selama 35 tahun), sedangkan Manchester Penggemar City mengolok-olok Manchester United karena mereka sama sekali bukan dari Manchester. Stadion Trafford terletak tepat di luar batas kota Manchester. Kedua tim memiliki sejarah panjang dan rekor yang sangat baik. Manchester City lebih dominan pada tahun 1950-an dan 1970-an, sedangkan Manchester United membalikkan keadaan setelah tahun 1990-an. Adapun dukungan lokal di Manchester, dukungan penduduk di Manchester timur hampir sama Manchester City, sedangkan penduduk Manchester barat mendukung Manchester United. Namun dalam beberapa tahun terakhir, proporsi penggemar Manchester City di Manchester semakin tinggi.

Baca Selengkapnya:  Induk Organisasi Bola Basket di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • jalalive
  • okestream
  • jalalive com
  • jalalive 2
  • score808
  • yalla shoot
  • rbtv77
  • bolasiar