Thiago Silva: Bintang cemerlang dunia sepakbola

Thiago Emiliano da Silva adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang berposisi sebagai bek tengah. Saat ini bermain untuk klub Brasil Fluminense. Dia adalah anggota tim sepak bola nasional Brasil.

karir awal
Thiago Silva dilatih oleh klub domestik Brasil Fluminense ketika ia masih muda, namun karena tidak bisa mendapatkan kontrak pemain profesional, ia pertama kali bergabung dengan klub kecil RSFutebol, kemudian beralih ke klub yunior dan bermain di Brasil pada 2003-04 musim. Ia resmi melakukan debut di Football League A dan memulai karirnya sebagai pemain profesional. Saat Thiago Silva pertama kali bermain, ia bermain sebagai pemain sayap kanan. Kemudian, ia mencoba bermain di berbagai posisi di lini tengah dan lapangan belakang, dan akhirnya menetap di posisi bek tengah. Penampilannya yang luar biasa di musim pertamanya di liga domestik Brasil menarik perhatian banyak klub Eropa. Dari tahun 2004 hingga 2005, dia bermain untuk raksasa Liga Super Portugal Porto dan tim Liga Super Rusia Dynamo Moscow. Namun karena aklimatisasi dan tuberkulosis, ia tidak bermain untuk kedua tim. Pemain Brasil yang frustrasi itu bahkan mengira hidupnya akan berakhir di Rusia . Jadi Thiago Silva kembali ke kampung halamannya di Brasil dan bergabung dengan tim yang dia cintai dan dukung sejak kecil – Fluminense, yang telah memenangkan empat kejuaraan Liga Sepak Bola Brasil.

Fluminense
Thiago Silva tampil apik selama dua musim di Fluminense. Meski tim memiliki rekor buruk di musim pertama dan hanya menempati peringkat ke-15 liga, namun pada musim 2007-08 tim tidak hanya meroket ke peringkat 4 liga, menjuarai Piala Liga Brasil, dan menjuarai Copa Libertadores di Amerika Selatan. Mereka pun berhasil melaju ke final, dan akhirnya kalah 1-3 dari Universitas Quito di Ekuador melalui adu penalti (kedua kubu bermain imbang 5-5 di dua babak) dan finis kedua. Pertahanan yang dipimpin Silva hanya kebobolan 39 gol dalam 38 pertandingan liga, yang bisa dikatakan memberikan kontribusi terbesar.

AC Milan
Pada bulan Desember 2008, raksasa Serie A AC Milan membeli Thiago Silva seharga 10 juta euro sebelum banyak raksasa Eropa menandatangani kontrak hingga musim panas 2013. Namun, karena dua kuota pendaftaran pemain non-UE AC Milan untuk musim 2008-09 telah diberikan kepada bintang Ukraina Andrei Shevchenko dan pemain muda Uruguay Tabare Bjudez, Thiago Silva hanya bisa menunggu hingga 1 Juli 2009 untuk mendaftar secara resmi ke Sepak Bola Italia. Liga Profesional dan dapatkan kualifikasi untuk berpartisipasi dalam kompetisi resmi Milan. Pada tanggal 21 Januari 2009, Silva mengenakan garis pedang merah dan hitam untuk pertama kalinya dalam pertandingan persahabatan tidak resmi dan bermain sepanjang pertandingan. Lawannya adalah Hannover 96 dari Bundesliga.

Baca Selengkapnya:  Jadwal Bola Voli Panduan Lengkap dan Informasi Terkini

Setelah berlatih bersama tim selama setengah tahun, Thiago Silva dengan cepat menjadi tulang punggung pertahanan AC Milan di musim 2009-10, menggantikan Paolo Maldini yang sudah pensiun dan bermitra dengan penjaga besi generasi pertama Alessandro Nesta kombinasi bek di Serie A dan bahkan sepak bola Eropa. Tidak hanya kokoh dalam bertahan dan memiliki kemampuan menyerang yang kuat, ia juga sering melakukan serangan dengan kecepatan tinggi, sehingga mengancam gawang lawan secara tiba-tiba. Pada tanggal 8 November 2009, Silva mencetak gol resmi pertamanya di Milan dalam pertandingan Serie A melawan Lazio, membantu tim menang 2-1. Pada tanggal 6 Januari 2010, Silva mencetak gol pembuka dalam pertandingan Serie A antara Milan dan Genoa, membantu tim mengalahkan lawan mereka 5-2. Pada 12 September 2011, ketika Silva menantang juara bertahan Barcelona di babak penyisihan grup Liga Europa, ia mencetak gol sundulan pada menit ke-92 untuk menyamakan skor 2-2, memungkinkan AC Milan meninggalkan lapangan Camp Nou tanpa terkalahkan. Pada pertandingan antara AC Milan dan Chievo pada 28 November tahun yang sama, Thiago Silva untuk pertama kalinya mengenakan ban kapten mewakili AC Milan dan membuka skor dengan tendangan jauh berkualitas tinggi. Pada tanggal 3 Maret 2012, Silva mencetak gol melalui sundulan dalam pertandingan tandang Serie A melawan Palermo, membantu tim menang. Dalam tiga musim dia bermain untuk Milan, dia membantu tim memenangkan kejuaraan liga, tempat kedua dan ketiga.

Paris Saint Germain
Pada awal Juli 2012, AC Milan menolak tawaran Paris Saint-Germain untuk Silva dan memperbarui kontraknya hingga 2017. Namun, pada 14 Juli waktu setempat, situs resmi Milan secara resmi mengumumkan bahwa Silva akan dijual ke Paris, menurut L’Equipe Prancis Menurut pemberitaan, biaya transfernya sekitar 42 juta euro, gaji tahunan 9 juta euro, dan kontrak ditandatangani selama 5 tahun.

Sejak mendarat di Ligue 1, Thiago Silva menjadi kekuatan utama Paris dan juga ditunjuk sebagai kapten.

Sejak Thiago Silva dan Ibrahimovic bergabung dengan Paris, mereka telah membantu Paris Saint-Germain mendapatkan kembali kejayaannya dan memenangkan empat kejuaraan Ligue 1 Prancis berturut-turut.

Setelah mengikuti Piala Amerika 2015, Silva akhirnya kembali ke pelatihan klub di New Jersey pada 20 Juli untuk mengikuti pelatihan. Pertandingan pramusim pertama yang diikuti Silva adalah final Piala Champions Internasional 2015 melawan Manchester United. Paris Saint-Germain menang 2-0 dan memenangkan trofi; Silva terpilih sebagai pemain terbaik pertandingan tersebut. Dua hari kemudian, Silva menjadi kapten Paris Saint-Germain di Piala Super Prancis 2015 melawan Lyon, membawa PSG meraih kemenangan 2-0 untuk merebut trofi. Silva tampil bagus dalam pertandingan tersebut dan performa pertahanannya sempurna, membatasi penyerang bintang Lyon Alexandre Lacazette seolah-olah dia tidak terlihat sepanjang pertandingan. Paris Saint-Germain menyelesaikan triple crown domestik, dan pertandingan resmi terakhir Silva atas nama Paris Saint-Germain adalah final Liga Champions UEFA pada 23 Agustus 2020. Dalam pertandingan tersebut, Paris Saint-Germain menang 1- Kalah gelar dengan a 0 kekalahan dari Bayern Munich. Namun, Silva menjadi pemain Brasil pertama yang menjadi kapten tim di final Liga Champions UEFA.

Baca Selengkapnya:  Berikut Ini Merupakan Jenis Passing di Permainan Bola Basket Kecuali

Chelsea
Pada 28 Agustus 2020, Thiago Silva bergabung dengan Chelsea di Liga Premier. Pada 23 September 2020, ia bermain untuk pertama kalinya untuk Chelsea di putaran ketiga Piala Liga Sepak Bola Inggris melawan Barnsley. Tiga hari kemudian, pada tanggal 26 September, Silva melakukan debutnya di Liga Premier dan menjabat sebagai kapten. Tim menghadapi West Bromwich Albion di laga tandang di The Hawthorns dan bermain imbang 3:3. Pada tanggal 7 November, Silva mencetak gol pertamanya dalam pertandingan liga kandang Chelsea melawan Sheffield United, membantu tim mengalahkan lawan mereka 4-1. Pada tanggal 21 Desember, Silva mencetak gol keduanya dalam pertandingan Chelsea melawan West Ham United, membantu tim mengalahkan lawannya 3-0. Pada 3 April 2021, Silva menerima kartu kuning kedua pada menit ke-29 dalam kemenangan kandang 5-2 Chelsea atas West Bromwich Albion dan dikeluarkan dari lapangan. Dipimpin oleh pertahanan Silva, Chelsea mengalahkan Real Madrid di semifinal Liga Champions UEFA dan mencapai final untuk ketiga kalinya. Pada tanggal 29 Mei, Silva mengalami cedera pada menit ke-39 dalam pertandingan perebutan trofi Liga Champions UEFA pertamanya, sementara Chelsea memenangkan final Liga Champions UEFA 2021 1-0 melawan Manchester City di Stadion Dragon. Pada 4 Juni 2021, Chelsea mengumumkan perpanjangan kontrak satu tahun, dan kontraknya dengan klub diperpanjang hingga Juni 2022. Pada 3 Januari 2022, Silva kembali diperpanjang dan masa kontrak barunya diperpanjang hingga akhir musim 2022-2023. Pada 29 Mei 2021, Thiago menjadi pemain tertua dalam sejarah Chelsea yang bermain di final Eropa (36 tahun 249 hari) di final Liga Champions 2020-21, dan akhirnya memenangkan Liga Champions dalam kapasitas tersebut.


Thiago Silva adalah seorang bek tengah dengan kekuatan dan pengalaman yang luar biasa, ia memiliki kemampuan bertahan dan keterampilan kepemimpinan yang sangat baik. Kariernya penuh dengan prestasi gemilang dan merupakan salah satu bek terbaik di sepakbola saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • jalalive
  • okestream
  • jalalive com
  • jalalive 2
  • score808
  • yalla shoot
  • rbtv77
  • bolasiar